-->

Type something and hit enter

author photo
By On
Oleh : Ehdra Beta Masran
Ikan Kakatua Penghasil Pasir - Terkadang sesuatu berasal dari sesuatu yang tak terduga. Menurut buku sustaining life by Eric Chivian dan Aaron Bernsten ada lebih kurang 950.000 spesies organisme yang ada di laut.

930.000 spesies sudah teridentifikasi oleh manusia. Berarti masih ada 20.000 spesies yang ada di laut yang belum diketahui oleh manusia.
Ikan kakatua (parrot fish)
Salah satu jenis Ikan Kakatua (parrot fish), Foto : Wikipedia.org


Pada tulisan ini penulis ingin berbagi sesuatu tentang laut yang merupakan misteri kehidupan.

Berawal dari pengetahuan sederhana dari mentor penulis yakni Estradivari yang sangat menyukai spesies laut yaitu ikan kakatua (parrot fish). Saat itu sebuah alasan yang sering terdengar, namun cenderung ragu dan belum pasti. Alasannya karena ikan tersebut dapat menghasilkan pasir.

Pasir merupakan hasil metabolism system pencernaan ikan kakatua. Para peneliti memperkirakan ikan parrot fish dapat menghasilkan pasir berkisar antara 300-5000 kilogram.

Sebagian orang belum familiar dengan hasil penelitian ini, perlu penjelasan sederhana. Bahkan, bentuk ikan kakatua itu sendiri cendrung belum pernah dilihat.

Ikan kakatua mengeluarkan pasir dari dalam tubuhnya melalui jaringan anus dari proses distribusi pangkreas.

Ikan kakatua merupakan hewan bertulang belakang atau lebih dikenal dengan hewan vertebrata yang hidup di air, baik sebagian ataupun keseluruhan hidupnya ikan parrot fish di habiskan di dalam laut.

System pencernaan ikan parrot fish tentu saja berbeda dengan hewan lainnya, mengingat habitat ikan tersebut berbeda.

Secara singkat alat pencernaan umum ikan parot fish meliputi, rongga mulut, pangkal tenggorokan faring), kerongkongan (esophagus), lambung, usus, anus. Untuk sebagian ikan memiliki kelenjar pencernaan yaitu hati.

Sebagian para ilmuan, khususnya biologi laut menyimpulkan system pencernaan sederhana ikan parrot fish menghasilkan kotoran hasil metabolisme.

Kotoran tersebut menghasilkan pasir.

Dengan kata lain pasir pantai yang ada sebagian besar dihasilkan oleh ikan parrot fish. Menurut para ilmuan, ikan parrot fish menghasilkan hampir 85 % pasir di lautan.

Dalam sebuah video yang diunggah di channel YouTube BBC Earth memperlihatkan ikan parrot fish berenang secara scholing (berkelompok) dengan mengeluarkan butiran pasir.

Sumber Video : channel YouTube BBC Earth https://www.youtube.com/watch?v=o-blz2ghKOU

Ikan parrot fish secara biologis memiliki kebiasaan makan gangang/alga yang salah satunya terdapat dikarang. Spesies ini akan menyerempet alga yang tumbuh pada zona bentik dari jenis karang tertentu, sehingga ganggang pada batu-batu karang yang notabene menutupi permukaan polip karang.

Dalam proses memakan ganggang pada polip karang, ikan kakatua memakan pecahan calcium carbonat karang.

Gigi pharyngeal pada ikan kakatua menghancurkan serta menyaring pecahan karang yang ikut masuk ke dalam system saluran pencernaannya. Proses biologi pada pangkreas ikan kakatua mereduksi pecahan karang dan kemudian disaring kembali.

Setelah proses pencernaan terjadi hasil dari calcium carbonat yang ada dibuang melalui saluran pembuangan anus. Serpihan calcium carbonat yang ada didalam pecernaan berproses dengan paparan enzim merubah warna batuan tersebut menjadi pasir yang berwarna putih yang dikeluarkan melalui anus ikan kakatua.

Dilansir University of Exeter (28/04/2015), mereka mengidentifikasi ikan kakatua (parrot fish) sebagai produsen pasir yang besar, menghasilkan lebih dari 85% sedimen pasir baru yang diproduksi di bagian luar terumbu setiap tahunnya.

Ikan kakatua menggiling karang ketika makan dan setelah mencerna isi yang dimakan, mereka mengeluarkan sisa makanan berupa pasir yang kemudian dapat diangkut ke garis pantai pulau yang berdekatan.

Fungsi besar ikan kakatua ini mendorong seruan untuk menjaga habitat serta tidak menangkap dalam ukuran kecil, agar kita terus dapat menikmati keindahan pasir putih yang ada di pantai dan tentu menyeimbangkan ekositem pesisir yang ada. (EHD).

Referensi :
C. T. Perry, P. S. Kench, M. J. O’Leary, K. M. Morgan, F. Januchowski-Hartley. Linking reef ecology to island building: Parrotfish identified as major producers of island-building sediment in the Maldives. Geology, 2015; DOI: 10.1130/G36623.1.

Click to comment