-->

Type something and hit enter

By On
Jinakkan Rasa Takut Saat Menyelam
Jinakkan Rasa Takut Saat Menyelam

Anda takut?

Bagi yang sudah pernah atau ingin mencoba sensasi penyelaman tentunya ada sedikit rasa takut untuk melakukan kegiatan menyelam. Sama seperti Anda, dulunya bahkan sampai sekarang Saya juga masih merasakan hal itu.

Bila kita lihat di video atau gambar, banyak orang yang sangat menikmati aktifitas penyelaman mereka. Bisa terlihat kepuasan di wajah mereka menikmati keindahan bawah laut.

Hal yang wajar bila Anda takut, karena kegiatan penyelaman dilakukan di bawah air. Sebuah dunia berbeda dengan dunia yang kita hadapi setiap hari. Sebuah dunia"Alien" yang asing.

Sebuah tantangan bagi Anda, apakah rasa takut tersebut menjadi penghambat untuk menikmati serta mensyukuri keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa. Saya harap Tidak.:).

Lalu bagaimana kita mengatasi Rasa Takut yang tiba-tiba menghampiri saat ingin menikmati aktifitas penyelaman?. Apa kiat kita untuk menghilangkannya? Apakah bisa?

Pada Artikel ini, Saya akan berbagi sedikit Tips untuk mengatasi permasalahan Anda dan umumnya dirasakan bagi setiap penyelam yang baru serta ingin mencoba sensasi kenikmatan baru yaitu penyelaman.

Yuk,simak tips berikut " 7 Cara Jinakkan Rasa Takut Saat Menyelam".


1. Diri Anda

Anda yang akan melakukan kegiatan penyelaman. Maka Anda harus tahu kondisi diri Anda. Apakah Anda yakin dan siap untuk melakukan kegiatan penyelaman.

Rasa takut dan cemas biasanya timbul apabila Anda merasa tidak siap.

Kesiapan tentunya secara fisik, mental dan kemampuan Anda untuk melakukan kegiatan penyelaman tersebut. Kondisi tubuh yang sehat dan fit tentunya dengan istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur serta makan dengan asupan gizi cukup. Untuk kemampuan Anda dalam menyelam dapat dilakukan dengan latihan menyelam dan mempelajari kembali atau sekedar mengingat kembali pengetahuan mengenai dunia penyelaman.


2. Dengan Siapa

Wajar jika Anda merasakan kecemasan atau takut bila ingin melakukan kegiatan penyelaman.

Mengapa?

Ya. Anda akan beraktifitas di bawah air dimana bukan tempat hidup Anda. Sebuah dunia asing yang sangat luas di bawah sana.

Anda butuh teman untuk saling menjaga dan mengingatkan Anda bila terjadi sesuatu atau hanya sekedar ingin berkomunikasi dan berbagi kebahagiaan.

Pada aktifitas penyelaman tidak dibenarkan melakukannya sendirian. Never Dive Alone. Maka Anda harus menyelam dengan rekan atau tim Anda. Pada umumnya Anda akan lebih nyaman dan tenang bila ditemani oleh rekan atau teman yang mempunyai kemampuan serta pengetahuan penyelaman yang lebih baik dari Anda.

Baca Juga : 13 Kesalahan ini Sering dilakukan Penyelam Pemula

3. Tujuan Anda

Penyelaman tanpa ada tujuan merupakan kegiatan atau aktifitas yang sia-sia. Tujuan minimal Anda adalah untuk menikmati keindahan bawah laut. Walaupun demikian, tujuan penyelaman bukan hanya untuk menikmati keindahan bawah laut, bisa jadi untuk pekerjaan bawah air, penelitian dan lain sebagainya.

Apabila tujuan Anda melakukan kegiatan penyelaman jelas, maka Anda akan merasa nyaman di bawah sana. Dengan perasaan nyaman makan rasa cemas ataupun takut akan hilang dengan sendirinya.


4. Anda Menyelam Dimana

Informasi umum mengenai tempat atau lokasi penyelaman sangat diperlukan untuk membuat perencanaan penyelaman Anda.

Anda harus mengetahui karakteristik lokasi penyelaman Anda, seperti kondisi perairannya bagaimana, kondisi Arus, pasang surut, gelombang, kondisi umum dibawah perairan, organisme yang umun ditemukan serta informasi pendukung lainnya.

Informasi tersebut dapat diperoleh dari orang lain, teman atau kenalan yang sudah pernah menyelam disana. Dapat juga melalui media informasi internet.

Persiapan dan perencanaan yang matang akan membuat Anda nyaman serta tenang dalam melakukan kegiatan penyelaman. Anda tentunya akan lebih pede dengan kesiapan Anda serta tim Anda.


5. Senjata Anda

Keselamatan dan keamanan Anda di bawah air bergantung pada peralatan yang akan Anda gunakan. Dunia bawah air merupakan dunia asing bagi Anda.

Penyelam bernafas dengan bantuan peralatan dan cadangan udara yang dibawa.

Pergerakan penyelam tidak sebebas bila berada di Alam terbuka.

Peralatan selam yang Anda gunakan harus dipastikan berfungsi dengan baik, cadangan udara harus diperhitungkan sesuai dengan kebutuhan serta lama waktu Anda menyelam. Ditambah dengan peralatan tambahan yang kira-kira mendukung keselamatan Anda.

Baca Juga : Barotrauma Pada Penyelam, ini Penyebabnya

6. Siap dengan Kondisi terburuk

Selain perencanaan penyelaman yang baik dan benar, Anda juga harus siap dengan kondisi-kondisi tidak terduga.

Apapun bisa terjadi pada kegiatan penyelaman Anda, seperti perubahan kondisi perairan, arus, gelombang, peralatan yang tiba-tiba tidak berfungsi baik, kehilangan orientasi bawah air, peralatan terlepas, gangguan oleh organisme bawah air dan masih banyak lagi.

Tentunya dalam kegiatan latihan dan kursus penyelaman sudah Anda pahami serta pelajari bagaimana cara menghadapi beberapa permasalahan tersebut. 


7. Lebih baik dari pada Rugi

Anda melakukan kegiatan tentunya ingin mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dan menguntungkan bagi diri Anda.

Ya. Sugesti dan fikirkan keuntungan yang Anda akan dapatkan bila Anda melakukannya seperti menikmati keindahan bawah laut serta liburan. Anda akan merasa bahagia.

Kegembiraan dan kebahagian tersebut akan menghilangkan rasa takut Anda. Percaya?

Nah. Itu 7 tips yang dapat Saya berikan untuk Anda, bila Anda sedikit takut atau cemas dalam memulai kegiatan menyelam Anda. Semoga sedikit membantu Anda.

Baca Juga : Inspirasi Terbesar Berawal dari Nikmat Sumber Kehidupan

Click to comment